Rabu, 05 Februari 2014

UPAYA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KEBAHASAAN DAN KESUSASTRAAN DI DAERAH

UPAYA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KEBAHASAAN DAN KESUSASTRAAN DI DAERAH


Untuk Memenuhi Tugas Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia




DISUSUN OLEH :
Nama Kelompok

01.  Salbiah
02.   Sutriningsih
03.  Maria Juwita Tobing
Dosen Pembimbing : Hermaliza., M.Pd.


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN BAHASA INDONESIA
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
PEKANBARU
2013






KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, shalawat beriring salam penulis lantunkan kepada junjungan alam nabi besar Muhammad  SAW yang telah memberikan izin kepada penulis sehingga terselesainya makalah ini, dengan judul “Upaya Pembinaan dan Pengembangan Kebahasaan dan Kesustraan di Daerah”
            Penulis juga mengucapkan ribuan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penulis sehingga terselesainya makalah ini. Pihak-pihak yang dimaksud adalah (1) Hermaliza., M.Pd (selaku dosen pembimbing mata kuliah pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia).
            Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun.
                                                                




                                                                                                  Pekanbaru, 27 Juni 2013





                                                                                                             Penulis



                                                                        i





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………i

DAFTAR ISI ……………………………………………………………………….ii

BAB I PEMBAHASAN
I.1 Permasalahan Konsepsional ……………………………………………..1
I.2 Permasalahan Operasional ……………………………………………….2
I.3 Kebijakan Pilihan ………………………………………………………..3

BAB II PENUTUP
2.1 Simpulan ………………………………………………………………...4

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………..5









  

                                                                        ii



BAB I
PEMBAHASAN

I.I Permasalahan Konsepsional
            Ada beberapa permasalahan konsepsional yakni:
1.      Masalah kebahasaan dan kesusastraan Indonesia;
2.      Masalah kebahasaan dan kesusastraan Daerah;
3.      Masalah penggunaan dan pemanfaatan bahasa-bahasa asing tertentu.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari permasalahan konsepsional ini adalah suatu perangkat tujuan yang kita rencanakan dengan semangat orde baru yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, khususnya yang dimaksudkan oleh (1) bagian pembukaan UUD 1945, (2) bab XIII pasal 31 dan pasal 32, (3) bab XV pasala 36. Ada 2 macam kelompok tujuan yang saling berhubungan dengan perangkat tujuan yaitu:
1.      Tujuan bina bangsa dalam hubungannya dengan bahasa dan kesusastraan Inndonesia Dan Daerah dan bahasa-bahasa asing tertentu, agar mereka memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap
a.       Pengetahuan yang sahih tentang, (1) kedudukan, fungsi dan nilai bahasa, (2) sistem dan struktur bahasa, dan (3) problematika pemakaian bahasa.
b.      Keterampilan hakikat yang memadai dalam, (1) penggunaaan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, dan (2) mengapresiasi dan memanfaaatan karya sastra Indonesia.
c.       Sikap mental positif terhadap bahasa dan kesusastraan Indonesia, (1) rasa bangga memilikinya, (2) dorongan menghormatinya, dan (3) setia menggunakannya dengan baik dan benar.
2.      Tujuan bina bahasa dengan sasaran bahasa dan kesusastraan Indonesia dan daerah dan bahasa-bahasa asing tertentu sehingga bahasa Indonesia memiliki karakteristik.
1.      Memiliki kebakuan dan daya wadah yang akurat sebagai alat komunikasi.
2.      Tersebar diseluruh wilayah tumpah daraah Indonesia.
3.      Terpakai dalam berbagai bidang kehidupan oleh setiap lapisaan masyarakat.

1


Kekurangan-kekurangan dalam pembinaan dan pengembangan kebahasaan dan kesusastraan yang telah dilaksanakan dalam era pembangunan yaitu:
1.      Memanfaatan sumber langsung dan sumber tidak langsung yang tersedia;
2.      Menggalang kerja sama, partisipasi, dan integrasi;
3.      Memotivasi pengabdian dan prestasi kerja.
Jenis-jenis hambatan yang signifikan dalam pembinaan dan pengembangan kebahasaan dan kesusastraan yang telah dilaksanakan dalam era pembangunan yaitu:
1.      Rumit dan uniknya masalah pembinaan di tanah air kita;
2.      Banyaknya rakyat Indonesia yang akan kita bina serta tersebarnya rakyat Indonesia di wilayah yang sangat luas
3.      Kurang merangsangnya bidang pembinaan dan pengembangan kebahasaan dan kesusastraan Indonesia dan Daerah dari segi social dan ekonomi dalam kecendrungan masyarakat yang berfikir secular.

I.2 Permasalahan Operasional
            Permasalahan operasional dapat dibedakan menjadi 5 permasalahan yaitu:
1.      Masalah lapangan yaitu masalah yang berkaitan dengan kondisi objektif daerah dan masyarakaatnya.
2.      Masalah ketenagaan yaitu masalah yang berkaitan dengan kurangnya tenaga pembinaan di suatu daerah.
3.      Masalah kebijakan yaitu masalah yang berkaitan dengan kurangnya aplikasi masalah kebijakan.
4.      Masalah sarana dan prasarana yaitu masalah yang berkaitan dengan gedung atau tempat, alat, media dan lain sebagainya.
5.      Masalah kelembagaan.






2


I.3 Kebijakan Pilihan
            Ada beberapa kebijakan pilihan yang diperkirakan tepat untuk pembangunan yaitu:
1.      Macam-macam kegiatan yang memperkaya sumber informasi kebahasaan dan kesusastraan. (a) penelitian, (2) pemetaan, dan (3) publikasi.
2.      Mengembangkan macam-macam program yang secara langsung atau tidak langsung membina pengetahuan, keterampilan hakikat, dan sikap warga masyarakat Jawa Timur yang berhubungan dengan masalah kebahasaan dan kesusastraan daerah dan bahasa-bahasa asing tertentu. (a) program penyuluhan bahasa dan kesusastraan , (2) program penyebarluasan bahasa dan kesusastraan Indonesia, dan (3) program penghargaan prestasi bahasa dan kesusastraan Indonesia dan Daerah.
3.      Meningkatkan kerja sama dalam kegiatan-kegiatan pembinaan dan pengembangan kebahsaan dan kesusastraaan Indonesia dan Daerah.
4.      Mengembangkan usaha untuk memotivasi masyarakat pada umumnya dan karyawan khususnya untuk mempelajari bahasa dan sastra Indonesia.


















3



BAB II
PENUTUP


2.1 Simpulan
·         Ada 3macam permasalahan konsepsional yaitu:
1.      Masalah kebahasaan dan kesusastraan Indonesia;
2.      Masalah kebahasaan dan kesusastraan Daerah;
3.      Masalah penggunaan dan pemanfaatan bahasa-bahasa asing tertentu.
·         Ada 5 macam permasalahan operasional yaitu:
1.      Masalah lapangan;
2.      Masalah ketenagaan;
3.      Masalah kebijakan;
4.      Masalah saraana dan prasarana;
5.      Masalah kelembagaan.
·         Ada 4 macam kebijakan dalam pembangunan yaitu:
1.      Kegiatan yang memperkaya sumber informasi kebahasaan dan kesusastraan;
2.      Mengembangkan program pembinaan pengetahuan, keterampilan hakikat, dan sikap warga masyarakat;
3.      Meningkatkan kerja sama dalam pembinaan dan pengembangan kebahasan dan kesusastraan.
4.      Mengembangkan usaha untuk memotivasi masyarakat dan karyawan untuk mempelajari bahasa dan kesusastraan Indonesia.





                                                                        4


DAFTAR PUSTAKA
Muslich Mansur, 2010. Bahasa Indonesia Pada Era Globalisasi. Jakarta : PT Bumi Aksara
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar