TUGAS
KELOMPOK SEMANTIK BAHASA INDONESIA
“KEMAMPUAN
MENGGUNAKAN PILIHAN KATA (DIKSI) DALAM KALIMAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIAK
HULU KABUPATEN KAMPAR TAHUN PELAJARAN 2008/2009”
OLEH
:
1. SUHARTINI / 116211049
2.
SUTRININGSIH / 116211050
PROGRAM
STUDI BAHASA INDONESIA
JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
ISLAM RIAU
PEKANBARU
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Dan Masalah
1.1.1
Latar Belakang
Bahasa indonesia
memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektua, sosial dan emosional
peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan untuk mempelajari semua
bidang studi lain. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik
mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Mengemukakan gagasan dan
perasaan, menemukan, dan menggunakan kemampuan analisis dan imajinatif yang ada
dalam diri individu siswa.
Pembelajaran bahasa
Indonesia di berbagai jenjang pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kemampuan
siswa untuk berkomunikasi menggunakan
bahasa Indonesia secara baik dan benar baik lisan maupun tulisan serta
menumbuhkan apresiasi terhadap hasil kesastraan manusia Indonesia. Berdasarkan
uraian tersebut dapat dinyatakan bahwa tujuan akhir belajar bahasa Indonesia
bukan untuk mengetahui teori-teori tentang bahasa, tetapi lebih dari pada itu,
yakni mampu menggunakan bahasa Indonesia tersebut secara baik dan benar dalam
lisan maupun tertulis. Pengetahuna kebahasaan diperoleh siswa hanya merupakan
modal untuk berkomunikasi dengan tepat, baik dan komunikatif.
Berbicara
tentang ruang lingkup mata pelajaran bahasa indonesia mencakup komponen
kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai
berikut : (1) mendengarkan, (2) berbicara, (3) membaca, dan (4) menulis. Kemampuan
bersatra siswa dipadukan materinya pada aspek keterampilan berbahasa tersebut.
Setelah selesai proses
pembelajaran para siswa atau peserta didik diharapkan mampu dan terampil untuk
empat aspek keterampilan berbahasa tersebut. Siswa dengan belajar bahasa
Indonesia diharapkan mampu mendengarkan dan menyimak berbagai hal kehidupan
ini. Demikian juga halnya siswa
diharapkan mampu berbicara, membaca dan menulis. Apapun aspek berbahasa yang
akan dkembangkan oleh siswa pasti tidak akan terlepas dari berbagai faktor. Di
antara faktor yang mempengaruhi kemampua dan keterampilan siswa menyimak,
berbicara, memabaca dan menulis pasti terkait dengan kekayaan kosa kata yang
dimiliki siswa.
Jika dikaji lebih jauh
dapat dinyatakan bahwa kosa kata merupakan alat media yang digunakan untuk
berkomunikasi antar anggota masyarakat.
Kata sebaga salah satu tataran bahasa juga merupakan sarana untuk
menyatakan ekspresi diri, bahasa sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial.
Hal ini diungkapkan oleh Gorys keraf (1993:64) dalam bukunya yang berjudul
komposisi. Dari berbagai fungsi bahasa yang dikemukakan tersebut terlihat betapa pentingnya keberadaan bahasa
bagi manusia. Tanpa bahasa tidak akan terjadi komunikasi yang sempurna antara
satu individu yang lainnya. Manusia merupakan salah satu makhluk yang mendapati
julukan makhluk yang berbahasa. Tidak ada makhluk lain yang memiliki kelebihan
selayaknya manusia.
Penting bahasa sebagai
media dalam berbagai aktivitas manusia membut kita berusaha untuk mempelajari
sekaligus menggunakan bahasa dalam dapat kehidupan sehari-hari. Agar dapat
berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan dibutuhkan beberapa
pengetahuan sehubungan dengan bahasa. Bahasa memiliki beberapa tataran
gramatikal antara lain frase, klausa dan kalimat. Kata merupakan tataran bahasa
yang cukup penting untuk menciptakan komunikasi yang efektif. Pengetahuan dan
pemahaman seseorang terhadap kata akan berpengaruh pada komunikasi yang
dilakukanya baik komunikasi lisan maupun komunikasi tulisan. Kekayaan kosakata
seseorang ikut menentukan keberhasilan komunikasi yang dilakukannya.
Berkaitan dengan
kekayaan kosakata erat kaitannya dengan kemampuan menggunakan pilihan kata
(diksi) pada orang yang akan melakukan komunikasi verbal. Kemampuan menggunakan
diksi menentukan menentukan terciptanya
komunikasi yang komunikasi efektif . seseorang yang tidak dapat
menggunakan kata yang tepat dan sesuai dengan gagasan yang akan disampaikannya
maka akan menghasilkan suatu peristiwa komunikasi yang kurang tepat sasaran.
Persoalan pilihan kata
bukanlah persoalan yang sederhana. Persoalan pilihan kata merupakan persoalan
yang dinamis, inovatif, dan kreatif sejalan dengan perkembangan penuturnya.
Jika ditelusuri dengan seksama para pengguna bahasa dalam kehidupan sehari-hari
akan terlihat berbagai persoalan terkait dengan kemampuan orang tersebut dalam
pengunaan pilihan kata yang tepat. Ada penggunaan bahasa yang boros menggunakan
kata-kata ketika hendak menyampaikan pikiran, ide dan perasaannya pada orang
lain, tetapi ketika disingkap pada untaian kata-kata tersebut tidak lagi ada
isi yang bearti dibalik kata-kata yang digunakannya. Namun, sebaliknya ada pula
penggunaan bahasa menggunakan kata yang sangat hemat bahkan sudah menggambarkan
kemiskinan orang tersebut akan kosa kata. Kata-kata yang digunakan untuk
menyampaian gagasan dan pikiran tidak mewadahi tersampaikan informasi yang
hendak sidampaikan secara tepat. Berdasarkan uraian di atas dapat
penulisnyatakan bahwa permaslahan kekayaan kosakat dan ketepatan pemilihan
kosakata yang akan digunakan pada peristiwa komunikasi yang tepat sasaran. Jika
seseorang hanya memiliki atau menguasai kosakata terbatas, maka akan terbatas
pula kemampuannya untuk engangkap buah pikiran orang lain dan untuk
mengungkapkan buah pikirannya. Oleh karena itu, seseorang perlu menguasai
kosakata baik kosakata yang berasal dari bahasa Indonesia maupun kosakata yang
berasal dari bahasa lain dengan baik sehingga seseorang dapat memilih kata-kata yang tepat dan menggunanakn
dalam komunikasi lisan dan tulisan.
Melihat betapa
pentingnya kekayaan kosakata dan ketepatan pemilihan kata yang digunakan dalam
berkomunikasi, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan
kemampuan menggunakan pilihan kata yang tepat dalam ragka menyampaikan ide,
pikiran, dan perasaan pada orang lain. Untuk itu, pada tulisa ini penulis
mengkaji penelitian ilmiah yang diberi judul “Kemampuan Menggunakan Piliha Kata
(Diksi) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Siak
Hulu Kabupaten Kampar Tahun Pelajaran 2008/2009”.
Ada beberapa hal
yang melatarbelakangi penulis memilih judul tersebut. Pertama, karena melihat
kenyataan di lapangan bahwa masih banyak kalangan remaja menggunakan pilihan
kata yang hanya menyandarkan pada konsep penting dimengerti oleh lawan tuturnya
tanpa harus mempertimbangkan apakah pilhan kata yang digunakan itu sudah benar,
sesuai, dan tepat sesuai kebutuhan. Apalagi dengan munculnya era globalisasi
teknologi komunikasi . penulis khawatir akan terciptanya generasi yang tidak
lagi memperhatikan penggunaan pilihan kata yang baik dan benar.
Kedua, dari
studi kepustakaan yang penulis lakukan, penelitian tentang kemampuan
menggunakan pilihan kata atau diksi jarang dilakukan oleh peneliti terdahulu.
Hal ini memancing keinginan penulis
untuk melakukan penelitian yang terkait
dengan pilihan kata. Dari tinjauan kepustakaan yang peneliti lakukan.
Penelitian tersebut adalah penelitian yang dilakukan oleh Zaidarwati pada tahun
2006. Penelitian tersebut berjudul
“kemampuan Siswa menentukan Diksi di SMP Negeri 1 Kampar Kiri Hilir”.
Penelitian yang difokuskan pada ketepatan dan kesesuaian kata dalam berbicara
dengn menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes lisan yaitu dengan
menyuruh siswa bergiliran untuk berpidato sehingga kesimpulan yang diperoleh
dari hasil penelitian tersebut bahwa siswa SMP Negeri 1 Kampar Kiri Hilir
menggunakan diksi dalam berbicara tergolong baik.
Fokus pada
penelitian ini bahasa tulis yakni untuk mengetahui kemampuan siswa menggunakan
pilihan kata. Teknik pengumpulan data adalah dengan memberikan wacana tertulis,
kemudian siswa diminta melengkapinya dengan diksi yang tepat, benar dan lazim.
1.1.2 Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang dipaparkan terdahulu, maka dapatlah dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut:
1. Bagaimanakah
kemampuan menggunakan pilih kata (Diksi )
dalam kalimat dari segi ketepatan siswa kelas X SMA Negeri Siak Hulu
Kabupaten Kampar Tahun Pelajarn 2008/ 2009?
2. Bagaimanakah
kemampuan menggunakan pilih kata ( Diksi) dalam kalimat dari segi
Kebenaran siswa
kelas X SMA Negeri Siak Hulu Kabupaten
Kampar Tahun Pelajarn 2008/ 2009?
3. Bagaimanakah
kemampuan menggunakan pilih kata ( Diksi) dalam kalimat dari segi kelaziman siswa
kelas X SMA Negeri Siak Hulu Kabupaten
Kampar Tahun Pelajarn 2008/ 2009?
1.2 Tujuan Penelitian
Secara
umum penelitian bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan data tentang
kemampuan siswa kelas X SMA Negeri Siak
Hulu Kabupaten Kampar menggunakan pilih kata ( Diksi). Tujuan khusus penelitian
adalah mendiskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasikan secara sistematis
dan terperinci sehingga dapat diperoleh gambaran yang sebenarnya tentang:
1. Kemampuan
menggunakan pilihan kata dalam kalimat dari segi ketetapan oleh siswa kelas X SMA
Negeri Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Pelajarn 2008/ 2009.
2. Kemampuan
menggunakan piihan kata dalam kalimat dari segi kebenaran oleh siswa kelas X SMA
Negeri Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Pelajarn 2008/ 2009.
3. Kemampuan
menggunakan pilihan kata dalam kalimat dari segi kelaziman oleh siswa kelas X SMA
Negeri Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Pelajarn 2008/ 2009.
1.3 Ruang Lingkup
Penelitian
tentang “ Kemampuan menggunakan pilihan kata dalam kalimat siswa kelas X SMA
Negeri Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Pelajarn 2008/ 2009 ”adalah masuk ruang
lingkup pelajaran bahasa Indonesia aspek menulis kajian kosakata , tepatnya
tentang diksi.
Ruang
lingkup pembelajaran tentang diksi meliputi berbagai syarat. Syarat diksi yang
baik adalah: (1) harus sesuai dengan kaidah sintaksis yaitu harus tetap, harus
benar, dan harus lazim . (2) harus sesaui dengan makna denotasi dan makna
asosiasi.(3) harus sesuai dengan kaidah social dalam diksi.(4) harus sesuai
dengan kaidah mengarang ( Dahlan, 1982:29).
1.6 Pengumpulan Data
1.6.1 Metode Penelitian
Dalam
penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif yaitu menggambarkan secara
nyata dan apa adanya kemampuan siswa dalam menggunakan pilihan kata( Diksi)
dalam kalimat. Menurut muchtar ( dalam surakhmand,1994:127)” penelitian
deskripsi bertujuan untuk mengungkapkan atau menggambarkan suatu fenomena ,
karakteristik, situasi atau kejadian pada suatu daerah tertentu secara
sistematis factual dan akurat sebagaimana adanya.
1.6.2 Teknik
Pengumpulan Data
Untuk
memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data
kemampuan menggunakan pilihan kata ( Diksi) dalam kalimat Kemampuan menggunakan
pilihan kata dalam kalimat dari segi kelaziman oleh siswa kelas X SMA Negeri
Siak Hulu Kabupaten Kampar digunakan bentuk tes. Cara yang penulis gunakan
dalam merancang bentuk tes yang diberikan kepada siswa ada bentuk menggunakan
wacana. Wacana tersebut dinampangkan atau dikosong kata-katanya. Jumlah kata
yang dikosongkan dalam wacana tersebut sebanyak 20 kata. Siswa diminta mengisi
tragian yang rumpang tersebut dengan kata yang tepat.
Contoh
:
Isilah
bagian yang rumpang dengan kata-kata yang tepat wacana berikut!
Seni(1)…
dengan keindahan. Kata(2)… sering tercetus pada saat orang (3) kagum…pada suatu
hal , misalnya ketika .(4) …atau menikmati .(5)….alam, pantai, kota, lukisan,
taman,dan(6)…kicauan burung, dan seterusnya.
Karena
focus penelitian tentang diksi ini ada tiga yaitu ketetapan , kebenaran dan
kelaziman maka jumlah tes yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian
berjumalah 60 soal. 20 soal untuk disksi yang berkaitan dengan ketetapan , 20
soal untuk diksi yang berkaitan deng kebenaran , dan soal 20 untuk diksi yang berkaitan dengan kelaziman
BAB III KESIMPULAN
1.1 Kesimpulan
Berdasarkan
analisis dan Deskripsi data yang telah disajikan pada bab pengelolahan data
terlebih dahulu “kemampuan penggunakan pilihan kata (Diksi) dalam kalimat siswa
kelas X SMA Negeri Siak Hulu Kabupaten
Kampar Tahun Pelajarn 2008/ 2009 ”,maka dapatlah disimpulkan hasil penelitian
sebagian berikut:
1. Kemampuan
menggunakan pilihan kata dalam kalimat dari segi ketetapan oleh siswa kelas X SMA
Negeri Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Pelajarn 2008/ 2009 adalah 68,83 dengan
kategori sedang. Hipotesis menyatakan bahwa kemampaun menggunakan pilihan kata
(Diksi) dalam kalimat dari segi ketetapan berkategori baik, sedangkan setelah
dilakukan pengelolahan dan analisis data diperoleh nilai bahwa kemampuan
menggunakan pilihan kata ( Diksi) dalam kalimat dari segi ketetapan siswa kelas
X SMA Negeri Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Pelajarn 2008/ 2009
berkategori sedang berarti hipotesis ditolak.
2. Kemampuan
menggunakan pilihan kata (diksi) segi kebenaran dalam kalimat bahasa Indonesia
siswa kelas X SMA Negeri Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Pelajarn 2008/ 2009
adalah 68,44 dengan kategori sedang. Hipotesis menyatakan bahwa kemampuan
menggunakan pilihan kata ( diksi) dalam
kalimat dari segi kebenaran berkategori baik, sedangkan setelah dilakukan
pengelolahan dan analisis data yang diperoleh nialai bahwa kemampuan menggunakan
pilihan kata ( diksi)dari segi kebenaran siswa kelas X SMA Negeri Siak Hulu
Kabupaten Kampar Tahun Pelajaran 2008/ 2009
berkategori sedang berarti hipotesis ditolak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar